Salah satu model bisnis online yang juga menjanjikan adalah periklanan. jika Anda termasuk orang yang kurang suka jualan maka model bisnis periklanan ini adalah model bisnis yang cocok untuk anda. Fokus anda nantinya adalah membangun blog yang berkualitas, yang dimana berisi konten bermanfaat, dan punya banyak pembaca. bukan dengan cara membuat konten hoax yang bisa merugikan pembaca karna hanya ingin mempunyai banyak pembaca.
Cara pembayaran ada yang menggunkan layanan pembayaran online semacam Paypal, ada yang melakukan transfer nak atau jasa keuangan seperti Western Union, an ada juga yang mengirim cek.
Berikut ini jenis onlie adversing berdasarkan cara penyajian iklannya:
- Banner: Iklan ditampilkan dalam bentuk gambar, animasi, atau video. iklan menempati ruang tertentu di halaman web, misalnya, sedebar, atau footer.
- Teks link: Iklan ditampilkan dalam bentuk teks yang disertai link. iklan menempati ruang tertentu di halaman web, termasuk di sela-sela artikel.
- Popup: Iklan muncul dalam jendela tersendiri saat halaman web dimuat.
- Float/Overlay: iklan berbrntuk kotak dialog yang akan hilang setelah waktu yang ditetapkan. Halaman web baru bisa dibaca setelah iklan hilang.
- Frame: Iklan ditampilkan dalam frame dihalaman web.
- RSS feed: Iklan ditampilkan di sela-sela item pembaharuan RSS Feed.
- Interstitial: Iklan ditampilkan sebelum pengunjung dapat membaca jonten halaman web
- Expand: Iklan mucul pada kondisi tertentu, misalnya saat pengunjung melakukan hover pada elemen tertentu.
- Search: Iklan ditamppilkan dihalaman hasil pencarian Website.(Zaenal A Rozi,SimitDev Community, 2016 :285)
Model online adversting berdasarkan metode perhitungan pembayaran antara lain:
- PPC/CPC (Pay/Cost Per Click) : Anda dibayar setiap kali tayangan iklan dihalaman web diklik pengunjung.
- CPM (Cost Per Mile) : Anda dibayar setelah iklan ditayangkan persribu kali.
- CPA (Cost Per Action) & Affiliate Program : Anda dibayar setiap kali pengunjung yang mengkilik iklan melakukan aktivitas tertentu di website pengiklan,misalnya melakukan transaksi, melakukan pendaftaran angkota, atau melakukan aksi lain yang diinginkan pengiklan.
- CPE (Cost Per Engagement): Anda dibayar setiap kali pengunjung melakukan interaksi dengan konten iklan.
- CPV (Cost Per View): Anda dibayar setiap kali pengunjung menonton video iklan.
- Fixed Cost: Anda dibayar berdasarkan waktu penayangan iklan, tidak berdasarkan jumlah tampilan atau aktivitas klik pada iklan.(Zaenal A Rozi,SimitDev Community, 2016 :286)
Sumber dari BUKU Modern Web Design